Rabu, 10 Desember 2008

Retreat Healing Ministry (2)

Tema :

BAGAIMANA MENJADI PRAJURIT YANG TANGGUH
(EFESUS 6 : 10 – 20)





















PRAKATA


Puji syukur kita haturkan di hadapan Tuhan Yesus Kristus karena pada hari ini kita diperkenanNya untuk menghadiri acara retreat Tim Healing Ministry (HM) dan keluarga.

Menjadi sesuatu yang “tidak mungkin” akan terjadi sebelumnya bahwa pelayanan yang berkaitan dengan dunia roh akan mendapat tempat terutama di Gereja-gereja suku. Namun kenyataannya justru di dalam Gereja suku itulah kita mendapatkan banyak kasus permasalahan berkaitan dengan okultisme.

Pelayanan semacam ini tidak selamanya berjalan mulus. Tidak sedikit tantangan dari roh jahat melalui peran “tokoh-tokoh” Gereja, keluarga, bahkan dari anggota tim sendiri. Mereka “melarang” dengan tanpa alasan yang pasti, mereka memberontak dengan tanpa sebab, mereka tidak bersedia bergabung lagi dengan tim tanpa alasan yang jelas.

Melihat begitu “banyaknya” permintaan pelayanan namun sangat sedikit yang bersedia melayani akhirnya ada ide membuat acara retreat HM seperti yang terjadi pada hari ini. Dengan harapan selepas acara ini kita semua termotivasi dan membangun komitmen menjadi Prajurit Tangguh yang siap sedia berperang melawan kuasa kegelapan yang merasuk dalam diri orang-orang Kristen yang telah terlanjur “bersahabat” dengan mereka.

Akhir kata, sebelum mengikuti acara ini lebih baik Saudara mengisi 10 pertanyaan secara pribadi di dalam buku ini. selamat mengikuti acara retreat dengan tekun, taat dan setia dari awal sampai akhir. Tuhan memberkati.



























PROPOSAL
RETREAT KELUARGA HEALING MINISTRY
“GITA SORGAWI”
Sekretariat :
GKJ Kawunganten (Pdt. DE. Abriwijono)
d/a. Jl. Gereja Karangbawang-Kawunganten,Cilacap-53253
Phone :
(0282) 611850
Hot-line: (0282) 611813
085-227-015-540
LATAR BELAKANG

Akhir-akhir ini masyarakat dari berbagai kalangan (profesi, tingkat pendidikan maupun usia) semakin terkesima mendengar berbagai berita yang berkaitan dengan “kekuatan” gaib, kuasa kegelapan (iblis). Konon kekuatan iblis ini dapat “membantu” manusia untuk melakukan apa saja yang diinginkannya. Gencarnya promosi untuk mencapai tujuan dengan mudah menyebabkan kehadiran iblis di tengah masyarakat semakin gampang diterima dan mendapat tempat dihati manusia.

Berbagai pemujaan dan persekutuan manusia dengan iblis menjadi ritual yang semakin umum dilakukan oleh masyarakat. Lebih dari enam ribu tahun umat manusia telah mencoba berkomunikasi dengan iblis, namun pengetahuan kita tentang mereka tidaklah bertambah. Ilmu sihir, ilmu gaib, ilmu tenung, pemujaan arwah, dan ramalan sebagai output dari keberadaan iblis di dunia dari masa ke masa masih tetap ada. Bahkan ada pria dan wanita yang atas kemauannya sendiri telah menyerahkan segenap eksistensinya kepada iblis. Baik disadari atau tidak penindasan oleh kuasa gelap telah membuat manusia kehilangan kesehatan fisik, jiwa dan rohani sehingga pikirannya menjadi tidak waras, hilang kebahagiaan dan mendapatkan kesukacitaan yang semu.
Manusia sebagai insan rohani seharusnya dapat membedakan antara suara Allah dan suara iblis. Namun dengan berbagai alasan seringkali pengetahuan tentang roh diabaikan bahkan oleh banyak Gereja Protestan. Tidak sedikit diantaranya beralasan: pelayanan tersebut tidak lazim di Gereja Protestan, karena alasan takut terhadap roh jahat, karena alasan tidak pernah mengenalnya, tidak diajarkan di sekolah teologi, dan sebagainya.

Keganasan iblis sewaktu-waktu siap menerkam kita yang lengah. Rasul-rasul seperti Paulus, Petrus, dan Yakobus menunjukkan peringatan-Nya kepada orang-orang Kristen yang telah terbuka hatinya bagi Roh Kudus (Efesus 4 : 27; I Petrus 5 : 8-9). Keganasan iblis haruslah dilawan sehingga iblis akan lari (Yakobus 4 : 7).

Kehadiran tim HM (healing ministry) “Gita Sorgawi” merupakan pelayanan spiritual di bawah bidang pelayanan pastoral GKJ Kawunganten-Cilacap yang dibentuk dalam rangka untuk “membebaskan” jemaatnya yang terlanjur bersekutu dengan kuasa kegelapan. Di dunia modern pelayanan ini menjadi semacam oasis, dimana masyarakat termasuk orang beriman sering “lupa” bahwa peperangan dalam kehidupan sehari-hari belum selesai untuk mempertahankan kemerdekaan dari dosa.
Disadari atau tidak banyak diantara kita sangat membutuhkan pelayanan pelepasan. Penjajahan dan penindasan iblis seringkali tidak disadari dalam kehidupan manusia. mereka bersikap pasrah menjalani kehidupan yang dianggap sebagai “jalan hidup yang harus dilalui karena sudah menjadi nasibnya”. Sakit penyakit, ketidakbahagiaan, merasa tidak beruintung adalah contoh akibat penindasan iblis.
Ketidakseimbangan antara jumlah anggota tim HM dengan yang harus dilayani seringkali menjadi celah masuknya gangguan iblis bagi anggota tim, misalnya: rasa jenuh, bosan, dan kelelahan fisik
maupun mental. Selain itu gangguan kesimbangan kehidupan sosial (keluarga) dirasakan oleh anggota tim.

Retreat keluarga anggota tim HM “Gita Sorgawi” dapat menjadi sarana dalam memelihara motivasi, meluruskan visi pelayanan dan penyegaran rohani bagi anggota tim. Hal ini diharapkan agar anggota tim dapat menjadi prajurit tangguh yang mampu berperang melawan kekuatan setan yang dinamakan pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap dan roh-roh jahat di udara (Efesus 6 : 10 – 12).

NAMA KEGIATAN

RETREAT KELUARGA TIM HEALING MINISTRY “GITA SORGAWI”

MAKSUD DAN TUJUAN

1. Memelihara motivasi pelayanan.
2. Meluruskan visi pelayanan.
3. Membentuk pribadi yang tangguh sebagai prajurit yang siap berperang.

WAKTU DAN TEMPAT

Hari / tanggal : Senin – Selasa, 19 – 20 Mei 2008.
Tempat : Wisma Hening Griya Baturraden.
Peserta : 50 orang (keluarga anggota tim HM dan tamu undangan).

BENTUK ACARA

Seminar, sarasehan, kesaksian orang Kristen yang pernah ditolong oleh Tuhan Yesus melalui pelayanan tim HM dan diskusi.


SUSUNAN PANITIA

Ketua : Pdt. DE. Abriwijono.
Penulis : Kristiana Bakti Susanto.
Bandahara : Wiwik Padmiasih.
Sie Acara+Musik+MC : Anie Budiarti (Kawunganten).
Nanung (Purbalingga).
Dr. Sapto, MRS (Cilacap).
Humas dan transportasi : Harsono
Koko.
Purwanto.
Gunarto
Tempat dan Perlengkapan : Panca Prijadi (Purwokerto).
Keamanan : Teguh (Purwokerto).
Konsumsi : Widiastuti dan tim (Purwokerto).



SUSUNAN ACARA

Waktu
Acara
Pemandu
Keterangan
Senin, 19 Mei 2008




14.00-16.00
Peserta datang+Persiapan acara+minum the
Panitia

Pan- Purwokerto
16.00-16.45
Puji-pujian+Pembukaan dengan doa
Acara baru dimulai pk. 16.30.
Panitia
Renungan : Mazmur 103:13-14
Anie Budiarti+Wiwik
16.45-18.30
Perspektif Pelayanan Spiritual GKJ
Pdt.Em.Suwandi
Alkitab :Ef 6:10-20;
II Kor 10:3-5
PPAG :Minggu 7 dan 17 Perjalanan Keselamatan 66-77, 169
Pelajaran mggu 10
Jawab 99-102.
TAGER:
Bab III Psl 34-41.
Talak :
Bab II Psl 36-40;52-53
AKTA SINODE;
Akta Sinode XXIV art.34
Pdt. GKJ Bekasi
18.30-19.15
Kesaksian I : kejahatan si-iblis
Bp.Agus Prijanto
Bp. Sudarsono (prolog)
Awal : 29 Juni 07
Disantet oleh mitra bisnisnya.
Bekasi
Purwokerto
19.15-20.00
Makan malam

Pan-Purwokerto
20.00-20.15
Puji-pujian
Panitia

20.15-21.00
Penindasan kuasa iblis dalam tubuh (medis)
Dr. Sapto

Dokter RSPC
21.00-22.00
Mengapa hrs berperan dlm playanan rohani?
Pdm.Jonatan Wantoro
Alamat : Sek Misi Interdenominasi
Jl. Menanggal I No. 10 c
HP 08123256551
Fleksi031-70604711
Pdm. Jemaat Kristen Indonesia Bukit Zion.
Jl. Manyar Kartika Timur 2–6
Surabaya
22.00-22.15
Doa Penutup
Panitia

22.15-06.00
Istirahat


Selasa, 20 Mei 2008

06.00-07.00
Olah raga+Mandi+Persiapan pribadi


07.00-07.30
Makan Pagi

Pan-Purwokerto
07.30-07.55
Puji-pujian dan renungan pagi
Dr. Sapto
Yel..yel..yel Laskar Kristus –sikap
TEman sekerja Allah=pekerja yang tangguh
Bil 13 : 23-24
Dr. Sapto
Israel siap msk Kanaan 630 rb 20 th keatas=jml mrk total 2jt org,lalu Musa utus 12 intel=Yosua+Kaleb, Eskol=seranting buah anggur,indah,bs 50 kg beratnya dipikul 2 org, jd sngat berat+lebat. 10 org punya pengaruh negative, tp 2 org positif. Mrk gentar dan berontak melawan Musa…lalu Tuhan murka.
Semua prajurit diatas 20 th hrs mati krn mrk berontak.
Perintah Masuk Kanaan=gentar,minder,membenarkan kata sendiri, mrk melawan Tuhan, dll….40 th kemudian..mrk tetap hrs berperang..tp mrk sdh didewasakan selama 40 th.2 Tim 2:4.
Hrs professional, focus,hrs percaya pd komandannya. Hrs taat pd komandannya+digaji cukup, tenang. Teman Sekerja Allah : Tuhan itu tahu apa kebutuhan kita. Jgn tkut Why, t4nya di neraka. Tdk takut krn ada kuasaNya pd diri kita 21 : 7-8.bukan kekuatan diri sendiri, maka kita akan jatuh.
Tuhan Allah tdk mau dicobai=Bgs Israel dihancurkan.
Lakukan langkah pertama dgn berani. Skrg dgn cara pndang yg baru mk mrk menang dgn kuasaNya, dgn cara masukkan kaki ke sungai Yordan. Sikap org yg siap dipakai oleh Tuhan mrk .
07.55-09.25
Menjadi pelayan dalam tugas mulia
Pdt.Jonatan.W
TALENTA :
DALAM PHENOMENA GUNUNG ES
Ilustrasi : org buta yg sakit di RS cerita kpd teman yg sdg off name: ttg indahnya hidup…mati…malah justru menolong pasien lain dan sembuh.
Filosofi gunung es : es yg di atas lebih kecil drpd yg di bwh.
Titanic pd saat menara pengawas memberitahu, nakodanya bilang kecil…ttp yg di bwh lebih besar, hancurlah Titanic.
Spt kita yg terlihat hny permukaannya sj…STh, awam, petani bruh, dll msg-msg punya talenta. Tp kuasaNya sbenrnya besar, kuat tp kenapa tdk dipakai??
Kekuatan/talenta ini hrs :
Dibina, diasah, diberdayakan
diberi kesempatan utk muncul.
DEDIKASI yg tinggi perlu dipunyai oleh prajurit Kristus.
Ex-trafic light-sbg prajurit Kristus hrs punya profesional+integritas tinggi.
Counter propagandis: dgn kata-kata positif.
KARAKTER: temperament yg dibentuk dari perilaku sehari-hari oleh Tuhan, spt Yusuf.
Temperament: sanguinis, pleghmatis, dll.
Sumber kekacauan di Gereja adalah :
Karakter orang Gereja / rumah Tuhan
ex-Karakter lama blm berubah, shg sdh kotbh, melayaniNya, tetap main korupsi, bukankah spt kita??? Perlu ada integritas dlm diri kita masing-masing.
Melayani Tuhan hnya pelarian, kosong, blm tahu persis ttg tatanan pelayanan.
Pembentukan karakter dimulai dari apa yg kita pikirkan : pbangunan jemaat, dll bukan sebaliknya.
Berakar dari kebiasaan berpikir, kata-kata,
Karakter mrpk pemikiran jangka panjang.
Ego
Harga diri : walau ditutupi suatu saat dpt kelihatan juga. Omong apa adanya deh.
Jd hamba Tuhan hrs mau dicetak ulang “re-creation” hidup kita hanya mengandalkan Tuhan saja / beriman sunguh pd Tuhan Yesus. Bank sorgawi…
Jgn melanggar etika scr umum…jd hrs hdp dgn benar.
Karakter kita hrs dibangun diatas batu karang yaitu : Tuhan Yesus.
Kekudusan adl standart didlm Kristus…dgn cara membaca Alkitab setiap hari…disitulah karakter yg sdg dibentuk…didlm keyakinan iman yg benar: tdk ragu, bimbang, dll.
PUNCAK KEBERHASILAN :
1. Dgn bercermin pd diri sendiri.
Mat 7: 3 – 5.
2. Mengutamakan org lain :
Mark 9:33-35.
3. Membersihkan hati dari segala ketrikatan. Mark 7 :18-23.
4. Buang kuatir. Mat 6 : 25-34
5. berperilaku etis.Luk 20:20-26.
6. berbelas kasih.Yoh 8 : 3-11.
7. mencintai musuh Mat 5 : 34-37.
8. melakukan “Golden Rule”
Mat 7 : 11.
09.25-09.45
Kesaksian : Apa yang ditawarkan dunia??
Mbk-Atin :
Beberapa dukun telah ditemui oleh Atin shg dia menjadi ketergantungan pd obat penenang, untuk mempercantik diri agar memiliki daya tarik.
Ms.Teguh :
Perguruan Seteki, ilmu tsb mengajarkan ttg penyatuan alam yg menjadi kekuatan fisik.
Utk menunjang tugas sbg polisi shg perlu “kekuatan lain” agar punya kedudukan dan anti peluru GAM. Persekutuan dgn iblis menuntut tumbal.
Sakit kepala separo oleh tengku Aceh shg jd “hebat” disuruh minum air yg berwarna kuning oleh Tengku dan batu merah delima utk melindungi diri.
-12 Januari 2008 mulai dilayani setelah konsultasi terlebih dahulu-
09.45-10.00
Rehat

Pan-Purwokerto
10.00-12.00
Menjadi prajurit sorgawi yang tangguh
Pdt.Suwandi :
Pertobatan : Mat 15 : 7 (1 org sangat berharga dimata Tuhan)
I Yoh 4 : 1 : menguji roh.
Jika kt tdk sensisitif maka Gr kita akan dicabik-cabik, maka kita perlu mencari KA dan kebanarannya (Mat 6 : 33).
P.Yudi :
Mazmur 133 : 1 – 3; Rukun; minyak dari kepala; spt embun gunung Hermon yg turun.
Aplikasinya : hrs menghormati pemimpin kita : ex-Pdt, Pnt, Dkn, suami, ortu ats anak, dll. Krn pemimpin sbg pemegang stempel kewenangan.
Jk suami hrs tunduk pd Kristus.
Iblis menyerang yg paling lemah= mis-anak-anak, anak-anak;
KETAATAN PADA OTORITAS
(jgn maido, nyrengkali, dll)
Mengkritisi : kalau begini bgmn,
Ketaatan banyak berkat yg diterimanya.
GKJ Bekasi
Tiap anggt-Tim hrs bereskan diri dulu mslh dgn anggot-keluarga at org lain.
II Tim 2 : 3 – 4.
Melatih diri agar tdk memukul dgn sembarangan. I Kor 9:26-27.
Bertahan terus setiap waktu dgn permohonan yg tdk putus-putus.
Ef 6 : 18; walau sangat berat tp akhirnya ada kemenangan Roma 8 : 36-37.
Kita akan dikokohkan, diteguhkan, dikuatkan, di-jempoli oleh Allah. (2 Pet 5 : 10).
12.00-
Makan siang dan penutup
-Pastoral-HM-PWG : Ibadah/mezbah Keluarga/hub pribadi dgn Tuhan.
(baik:jika dibuat kurikulum PWG)
Panitia


PESERTA

1. Majelis GKJ Kawunganten dan Tim HM “Gita Sorgawi” beserta keluarga.
2. Gereja dan lembaga mitra pelayanan HM: (masing-masing 2 orang peserta) yaitu dari GKJ Purwokerto, GKJ Cilacap Utara. GKN Kawunganten. LPMI Purwokerto.

PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat dan dikirimkan, besar harapan kami Yth berkenan mengutus 2 orang untusannya untuk mengikuti acara ini. Akhir kata diucapkan terima kasih. Tuhan memberka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar